Menjadi Calon Brigadir Polri

5/16/2015 Unknown 0 Comments

Yoyo, what’s  up?? Masih inget sama postingan sebelumnya? Yang ngebahas pembuatan SKCK? Oke, klo sebelumnya gue ngebahas pembuatan SKCK, sekarang gue bahas saat gue mendaftar di Polres Gianyar. Oh ya, FYI pendaftaran calon Taruna Akpol, Brigadir Polri, dan Tamtama Polri diundur dari jadwal awal 25 April 2015 menjadi 2 Mei 2015. Jadi masih ada waktu 1 minggu untuk mendaftar ke Polres Gianyar.

Setelah 1 minggu gue tunda untuk nyerahin berkas ke Polres, akhirnya tanggal 30 April 2015 klo gak salah hari Kamis, gue serahin berkas- berkas yang dibutuhkan ke Panitia penerimaan Brigpol di Polres Gianyar. Ditemani temen gue yang udah pernah kesana dan dapet nomor Polda lebih dulu. Jam 8 pagi gue udah kesana, dan harus nunggu petugas administrasi onlinenya dateng dulu. Kenapa? Karena gue punya masalah dengan berkas online (data diri) yang gak bisa gue buka. Padahal username dan passwordnya udah 98% inget, tapi masih aja gak bisa login untuk nyetak berkasnya. Ya, satu- satunya jalan cuma minta bantuan ke petugas administrasi onlinenya aja.

Jam setengah 9 akhirnya datang juga petugasnya, gue langsung datengin dan ngomongin masalahnya. Dia minta flashdisk dan langsung disuruh print data yang ada di FD itu. Langsung berangkat ke Marvella (tempat print), dan balik lagi ke Polres. Langsung aja gue naik ke lantai 3 (tempat pendaftaran Brigpol, Akpol, dan Tamtama Polres Gianyar), duduk sambil mengantre. Emang gak sebanyak waktu minggu awal gue dateng sih, cuma 8 orang aja tapi cukup lama untuk ngurus 1 orang, kira- kira 20 ampe 30 menitan satu orang. Hampir jam 11 barulah giliran gue ‘dilayani’. Karena hari sebelumnya gue pernah ke Polres untuk ngecek berkas dan katanya gak ada yang salah, jadi hari ini gue yakin 100% langsung dapet nomor Polda.

Cukup lama gue berbincang dengan petugasnya, oh ya petugas yang ‘ngelayani’ gue namanya Bapak Nyoman Dana, awalnya gue kira beliau galak tapi setelah diajak ngobrol ternyata baik buanget. Setelah semua berkas dicek (ada 5 rangkap dan memakai map kuning) gue disruh menunggu (lagi), katanya para petugasnya mau makan siang dulu. Lumayan lama gue nunggunya, ada sejamlah, akhirnya balik lagi petugasnya. Tahapan selanjutnya gue diminta buat nyerahin pas foto 4 X 6 dua lembar. Satu lembar buat semacam buku yang berisi semua peserta yang mendaftar, dan satu lembarnya lagi dipake buat ditaruh di kartu peserta casis Brigpolnya.

Udah dapet nomor Polda, gue disuruh nunggu (lagi) buat verifikasi ke server online. Oh ya gue dapet nomor “1404/P/0316”, berarti gue urutan ke 316 di Polres Gianyar. Kira- kira jam setengah 3 baru giliran gue yang dipanggil sama petugas administrasi online, ditanya sana- sini, akhirnya kelar juga. Jam 3 gue pulang kerumah dan langsung ngecek ke web Penerimaan Polri. Yuhuuuu!!!!! Nomor gue sudah terverifikasi!! Alhamdulillah! perjuangan 2 minggu udah selesai. Dan lanjut ke tahapan berikutnya, Tes Rikmin awal Brigadir Polri T.A. 2015! Semangat!!!

0 komentar: