Pusingnya Buat SKCK

5/16/2015 Unknown 0 Comments

Ok guys, udah lama kagak posting curhatan. Lagi sibuk sama sebuah aktivitas (sok sibuk) yang namanya mendaftar Brigadir Polri. Udah pada taulah apa itu Brigadir Polri. Jadi kagak perlu gue jelasin.

Syarat untuk jadi Brigadir Polri itu banyak. Mulai dari melengkapi administrasi awal seperti, surat permohonan yang ditulis tangan, nyari legalisir dari SD ampe SMP, nyari legalisir di Dukcapil, dan yang paling bikin pusing menurut gue adalah SKCK.

Oke gue akan mulai menceritakan sebuah dongeng perjuangan seorang pria, yang berusaha membuat SKCK demi menjadi seorang Brigadir.

Gue nyari SKCK itu pas hari Selasa tanggal 21 April 2015. Penutupan pendaftaran Brigpol dilakukan tanggal 25 April 2015, jadi gue usahain secepatnya SKCK jadi. Sempet takut awalnya karena temen gue blang klo nyari SKCK bisa ngabisin waktu 2 – 3 hari. Apalagi pada hari itu, yang nyari SKCK buanyak banget. Klo gue prediksi, yang nyari SKCK ini pasti kebanyakan yang pengen mencalonkan diri jadi Anggota Polri.

Untuk membuat SKCK, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang perlu diperhatikan adalah;

1. Saat mengisi Form apapun jenisnya, di kolom nama dan alamat, usahakan sesuai dengan yang tertera di KTP.
2. Bawa pas foto berukuran 3 X 4 sama 4 X 6 masing- masing 5 lembar.
3. Bawa bolpoint sama tipe-x, karena bakal dipake dan sangat perlu buat ngisi form.

Oke, sekarang gue mulai bercerita. Hari itu tanggal 21 April 2015, gue bangun jam 8 pagi. Gak beberapa lama temen gue yang sebelumnya udah buat SKCK, dateng kerumah dan ngajakin gue untuk buat SKCK hari itu juga. Akhirnya jam 9 berangkat ke Polsek daerah Gianyar. Oh ya, sebelum ke Polsek jangan lupa untuk meminta surat pengantar di Kantor Kepala Desa dulu, cukup dengan bilang “Pak, saya minta surat pengantar untuk membuat SKCK, digunakan untuk melamar Brigadir Polri”. Karena gue udah minta surat pengantar dihari sebelumnya, jadi hari ini tinggal ke Polsek aja.

Di Polsek, kita minta dibuatkan surat rekomendasi untuk pembuatan SKCK di Polres/ta. Nah ada pembicaraan menarik nih di polsek sama beberapa bapak Polisi disana. Begini ceritanya,

*Keterangan, P= Polisi, G= Gue

P: “Buat SKCK digunakan untuk apa dik?”
G: “Oh, buat kelengkapan administrasi Brigadir Polri pak!”
P: “Emangnya kamu sudah siap semua?”
G: “Udah siap pak! Tinggal SKCK aja.”
P: “Bukan itu, maksud saya, fisik, mental, sama duit.”
G: “Duit? Buat apa pak?”
P: “Alah, pura- pura gak tahu, itu sudah jadi rahasia umum. Klo untuk jadi polisi kudu bayar.”
G: “Oh, gitu ya pak. Klo uang ada sih (padahal sama sekali kagak nyiapain duit, pura- pura aja).”

Gak lama, surat rekomendasi gue selesai, disana cuma diminta pas foto 3 X 4 satu lembar aja. Lalu lanjutlah gue naikin motor kesayangan ke Polres Gianyar. Jam udah menunjukan jam setengah 10.

Nyampe disana sempet mikir, nyari SKCK sekarang apa nggak ya?. Soalnya yang nyari SKCK buanyak banget, ruangan pelayan Sidik Jari dan SKCK ampe penuh sesak gitu. Tapi gue sempet mikir lagi, klo gak dicari sekarang bakalan gak sempet daftar Brigpol dong. Ah bodo amat, yang penting hari ini selesai. Temen gue yang nganterin tadi akhirnya memutuskan untuk pulang, ketimbang nungguin gue disana. Yang pertama kali dilakukan untuk membuat SKCK adalah membuat Kartu sidik jari. Ini dia yang unik, form pengisian sidik jari kayak UN aja, susah!!!

Untuk membuat Kartu sidik jari, kita bakal diminta 2 lembar pas foto 3 X 4 dan 1 lembar pas foto 4 X 6. Barulah kita dikasi form data diri. Mulai dari kolom nama sih awalnya kagak masalah, alamat juga gampang. Di kolom ciri fisik udah mulai rada ngeselin. Pertanyaannya mulai dari bentuk hidung, bentuk kepala, ciri rambut, dan lainnya yang bisa bikin loe raba- raba kepala kayak orang linglung. Nah klo udah diisi semua, kita serahin tuh form, tunggu dipanggil sama petugasnya. Gak lama kok, gue cuma nunggu 20 menit, udah langsung dipanggil. Oh ya selama gue nunggu, gue sempet kenalan sama cewek, yang gue taksir umurnya sekitar 23 tahunan. Lumayan cantik sih, cma wajahnya rada kurang (jerawatan kayak gue).

Kembali ke panggilan petugas, gue disuruh masuk ruangan pengambilan sidik jari, kesepuluh jari tangan gue diletakkan di papan tinta, baru deh dicap ke kolom yang udah disediain sama petugas. Udah selesai pengambilan sidik jari, disuruh nunggu. 10 menit berselang, kartu sidik jari gue akhirnya jadi. Petugas minta uang 10 ribu untuk administrasi.

Lanjut ke pembuatan SKCK, gue diminta nyerahin fotokopi kartu sidik jari, sama pas foto 4 X 6 empat lembar, dan surat rekomendasi dari Polsek yang tadi pagi gue buat. Sempet bingung mau nyari tempat fotokopi dimana, tapi kata temen gue, dideket Polres pasti ada toko fotokopi. Dan memang iya, cuma 50 meter dari Ruangan SKCK ada tempat fotokopi. Gue fotokopiin tuh kartu sidik jari, dan balik lagi.

Sekembalinya dari sana, gue serahin semua berkas yang dibutuhkan, dikasi form (lagi) berjumlah 3 lembar, dengan pertanyaan mainstream. Gue isi aja, sesuai dengan data sebenarnya. Cukup lama gue ngisi, 20 menit cuma untuk 3 lembar itu. Formnya selesai gue isi, gue kasi ke petugas dan disuruh nunggu (lagi). Kira- kira 15 menit gue nunggu, SKCK pun jadi. Eits itu belum selesai, petugas minta duit administrasi 10 ribu (lagi) dan meminta gue fotokopiin tuh SKCK. Berangkatlah gue ke tempat fotokopi itu, fotokopi 5 rangkap, bayar, balik lagi ke tempat pembuatan SKCK.

Disana gue minta legalisir, cma nunggu 5 menit aja SKCK versi fotokopi udah selesai dilegalisir semua. Gue masukin semua ke tas dan akan berangkat pulang, tapi ditegur ama petugas, katanya ada biaya admin 5 ribu rupiah. Gue bayar dan berangkat pulang. Alhasil gue dirumah jam sudah menunjukkan pukul 12.30 waktu Bali.

Klo dipikirin, emang cukup bikin pusing untuk buat SKCK aja. Tapi sudah terbukti, bahwa kata temen gue yang bilang membuat SKCK 2 – 3 hari adalah SALAH. Mungkin dia bilang 2 – 3 hari itu dimulai dari awal (nyari surat rekomendasi dari RT/ RW dan Kepala Desa). Tapi, intinya yang waktu yang dibutuhkan untuk SKCK di Polres CUMA 2 sampai 3 JAM.

Itulah kisah gue yang nyari SKCK demi mendaftar Brigarir Polri. Apapun hasilnya nanti, gue akan berusaha sebaik mungkin demi menjadi seorang Polisi. Bye!!!!

0 komentar: