Kena Tilang, Rp 100.000 Melayang

12/13/2014 Unknown 0 Comments

Hello gais, gimana kabarnya? Gue harap baik, dan kagak sial kayak gue. Sesuai dengan judul postingan diatas, kali ini gue mau sharing tentang kejadian Minggu, 7 Desember 2014, yang baru bisa gue post sekarang.  Dimana pada saat itu, gue kena Operasi Zebra yang diadain sama Polres Bangli.

polisi-tilang

Gue mau ceritain dulu, kenapa gue yang orang Gianyar bisa nyasar ke Bangli. Ceritanye gini, gue punya misi untuk nengok Ibu tercinta. Keadaan rumah tangga bapak dan ibu gue yang kagak harmonis menyebabkan mereka harus berpisah, kalo kagak salah itu tahun 2007 bulan Desember. Sehingga kini Ibu gue tinggal sama keluarga besarnya di Kabupaten Bangli, tepatnya di Desa Penglipuran. Diantara kalian pasti udah tau yang namanya Desa Penglipuran. Oke, balik lagi ke cerita. Gue nengok Ibu, sekalian ngambil jaket DOSMAN sama celana yang dijahitin sama Ibu gue. Berhubung ibu gue pinter jahit, ya udah gue titipin jaket sama celana gue disana. Lagian ibu juga kagak keberatan.

Gue berangkat kesana jam 11 siang, waktu itu gue berangkat langsung dari SMA N 1 GIANYAR. Kenapa berangkat dari sekolah? Karena waktu itu gue sama temen- temen lainnya, di sekolah lagi nyiapin perlengkapan dan berbagai macam bentuk peralatan lainnya buat Liga Dosman. Selesai bantu- bantu, barulah gue berangkat ke rumah ibu gue. Di perjalanan sih kagak ada apa- apa, semua berjalan mulus, dan akhirnya nyampe disana (rumah ibu gue) jam 11.35.

Gue disana, silaturahmi ke ibu dan anggota keluarga lainnya. Selain nengok ibu gue, gue juga nengok nenek gue yang sudah ditinggal sama suaminya beberapa bulan yang lalu. Ketemu ama sepupu gue yang kecenya diatas rata- rata, Sandi. Dan anggota keluarga lainnya. Ya, walaupun sekarang Ibu gue udah kembali beragama Hindu, seorang Ibu tetaplah Ibu.

Jam 3 sore, gue mutusin untuk pulang balik ke Gianyar. Dengan pertimbangan, nyampe dirumah bisa nyapu halaman, pulang biar kagak kehujanan, dan biar bisa istirahat buat lomba Liga Dosman beberapa hari lagi. Sebelum gue pulang, gue dikasi sangu ama ibu, lumayanlah Rp 100.000. Bisa dipake buat uang bekal kesekolah katanya. Dan akhirnya, berangkatlah gue pulang, misi telah selesai.

Dijalan, gue kagak ada perasaan buruk tentang Tilang, karena tadi kagak ada tilang di jalan. Dari Penglipuran ke Gianyar, harus lewat kota Bangli. Jalan dari Desa Penglipuran ke Kota Bangli itu melewati perbukitan. Jalannya lika- liku kayak ular. Nah, pas ditikungan terakhir, tiba- tiba ada banyak bapak- bapak, pake seragam ijo- ijo, dengan tangan nyetop kendaraan. Yap, itulah pak Polisi. Biasanya kalo ada tilang, gue pasti langsung muter balik kayak Rossi, tapi berhubung pak Polisi ini udah deket banget (kira- kira 3- 5 meteran), ya udah terpaksa gue stop laju kendaraan gue (vario CW tahun 2012).

Langsung, dengan nada tegas dia minta surat- surat kendaraan dan SIM tentunya. Pada waktu itu gue emang belum punya SIM, padahal umur udah 17 tahun. Alasannya simpel, bapak gue kagak mau kalo anaknya keluyuran disaat udah punya SIM. Makanya dia (bapak gue) berpikir, lebih baik gue kena tilang daripada punya SIM dan keluyuran kagak jelas. Gue cuma ngasi pak Polisinya STNK. Dianya nanya, SIMnya mana? Gue bilang, kalo gue belum punya SIM. Tapi gue ambil inisiatif ngasi kartu pelajar. Untungnya dia, mau nerima kartu pelajar itu.

Saat itu banyak banget orang yang kena Tilang. Bukan cuma gue, banyak pengguna sepeda motor yang melakukan pelanggaran. Seperti kagak bawa Helmlah, kagak bawa STNK, dan kagak punya SIM kayak kasus gue. Jadinya, harus nunggu antrian Tilang dari pengguna kendaraan lainnya. Tibalah, giliran gue. Beda dengan pengguna lainnya, nada pak Polisi kali ini polos banget, tidak ada nada tegas dan galak seperti sebelumnya. Mungkin karena ada kartu pelajar kali ya?

Daftar Denda Tilang Kendaraan Bermotor (Sepeda Motor)

Ditanya panjang lebar, dari nama, alamat, TTL, pekerjaan, dan terakhir pertanyaan paling mainstream. “Mau tunggu sidang tanggal 11 besok, atau DIWAKILKAN?” . Langsung aja gue jawab, diwakilkan disini aja pak, biar kagak perlu nunggu sidang lagi. Dia nunjukin pelanggaran yang gue buat beserta nominal pembayarannya. Disana tertulis “Tidak membawa SIM, denda Rp 1.000.000” kalo gak salah. Tapi berhubung gue bisa nunjukin kartu pelajar, dendanya berkurang jadi Rp 100.000. Gue kasi aja duitnya, dan ngambil surat tilangnya. Sorry, surat tilangnya gue buang, jadi kagak ada dokumentasinya.

Akhirnya, gue dilepas. Duit yang dikasi sama Ibu gue, gue sumbangin ke pak Polisi. Sebenarnya, kagak ada penyesalan sedikit pun tentang kejadian ini. Gue sadar 100% tentang resiko berkendaran tanpa kelengkapan surat- surat. Gue juga salut ama pak Polisi yang menghukum para pelanggar sesuai aturan yang ada. Seperti gue contohnya, tidak bawa SIM denda Rp 1.000.000 (klo gak salah liat) tapi bayar Rp 100.000. Akhirnya jam 3.45 sore, nyampe juga di rumah.

Segini aja, cerita gue kali ini. Postingan ini bukan bertujuan untuk mengajak kalian melakukan pelanggaran dalam berkendara, dan mencari alasan untuk menghindari Polisi. Bukan untuk menjelek- jelekan suatu pihak. Disini gue buat postingan untuk membantu menyadarkan kalian semua pentingnya surat- surat berkendara dan alat keselamatan berkendara lainnya. Kalaupun ada Operasi Tilang didepan, jangan coba- coba langsung muter balik kebelakang. Karena klo dibelakang kalian ada kendaraan lain, bisa- bisa ketabrak. Yok sama- sama menjadi pelopor keselamatan berkendara. Jumpa lagi di postingan berikutnya.

0 komentar: